Rabu, 09 Juli 2008

Ternate Guide | Maluku Utara | Indonesia | Kabupaten Gowa

Ternate Guide | Maluku Utara | Indonesia | Kabupaten Gowa

Sumber Dari: Wikipedia Indonesia, dan official Website Pemprov Sulawesi Selatan

Dear Blogger,
Dengan Tanpa Mengurangi Rasa Hormat, hari ini Masih Seperti Posting yang lalu, Mengajak para Blogger membicarakan tentang Bagian-bagian dari Propinsi Sulawesi Selatan.
Kabupaten Gowa adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sungguminasa. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.883,32 km2 dan berpenduduk sebanyak ±500.000 jiwa.
Posisi Kabupaten Gowa sangat strategis buat Sulawesi Selatan. Kabupaten Gowa terletak di bagian selatan Pulau Sulawesi. Ibukotanya Sungguminasa dengan jarak sekitar 6 km dari ibukota Makassar. Dengan luas wilayah 1.883,33 km 2.
Gowa dalam lintas sejarah masa lalu hingga pasca merebut kemerdekaan di Nusantara ini, adalah bagian yang tak terpisahkan. Kental dengan budayanya, sarat dengan nilai agama. Jangan heran kalau kemudian hadirnya daerah ini menjadi awal berkembangnya agama Islam. Disini pula pernah lahir ulama besar Syech Yusuf yang lebih dikenal Tuanta Salamaka. Daerah ini pula, dimana ulama besar Hamka pernah belajar dan menulis tentang budaya orang Makassar.

Secara geografi Kabupaten Gowa terletak pada koordinat
antara 5o 33’ 6” sampai 5o 34’ 7” Lintang Selatan dan
12o 38’ 6” sampai 12o 33’ 6” Bujur Timur.

Batas-batas Wilayah
Sebelah Utara : Kota Makassar dan Kabupaten Maros
Sebelah Selatan : Kabupaten Takalar dan kabupaten Jeneponto
Sebelah Timur : Kabupaten Sinjai, Bulukumba dan Bantaeng.
Sebelah Barat : Kota Makassar dan Kabupaten Takalar.

Saat ini, bapak H. Ichsan Yasin Limpo, SH Menjabat Sebagai Bupati Kabupaten Gowa

Sekian dari Pariwisata 10, kita lanjutkan besok, dengan Kota Pare-pare, Soppeng, Sinjai, atau daerah-daerah lain di Indonesia, terimakasih.

Tidak ada komentar: